RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SMA/MA
Mata
pelajaran : Fisika
Kelas/semester : XII/II
Alokasi waktu : 1×45 menit
A.
Setandar
kompotensi:
Menerapkan
konsep kelistrikan dan induksi elektromagnetik dalam berbagai penyelesaian
masalah dan peroduk teknologi.
B.
Kompotensi
dasar :
Ø Menerapkan induksi mangnetik dan
gaya magnet pada beberapa produk teknologi
Ø Menformu lasikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
C.
Indikator :
Ø mengetahui induksi magnetik dan
gaya magnetik pada beberapa produkteknologi.
Ø Memformulasikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Peserta didik dapat :
Ø mengetahui induksi magnetik dan
gaya magnetik pada beberapa produkteknologi.
Ø Memformulasikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
Karakter siswa yang dapat
diharapkan :
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Komunikatif
·
Tanggung
jawab
·
Kerja
sama
·
Rasa
ingin tahu
·
Saling
menghargai
E.
Materi
pembelajaran :
Induksi elektromagnetik
F.
Metode
pembelajaran :
1. Model :
Ø Cooperatif learning
Ø Pembelajaran kontekstual
2. Metode :
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
G.
Langka
– langka kegiatan
1. Kegiatan pendahuluan:
Motifasi dan apersepsi:
Ø Menganalisis induksi mangnetik
dan gaya magnet pada beberapa produk teknologi
Ø Menformulasikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
Persaratan pengetahuan:
Ø Bagaimana konsep induksi
mangnetik dan gaya magnet pada beberapa produk teknologi?
Ø Bagaimana konsep induksi Faraday
dan arus bolak balik serta penerapannya?
2. Kegiatan inti :
a.
Ekspolari
:
Dalam kegiatan eksplorasi guru dapat:
Ø Menganalisis induksi mangnetik
dan gaya magnet pada beberapa produk teknologi
Ø Menformulasikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
b.
Elaborasi:
Dalam kegiatan elaborasi guru dapat :
Ø Membagi peserta didik kedalam
kelompok.
Ø Mendiskusikan induksi mangnetik
dan gaya magnet pada beberapa produk teknologi
Ø Mendiskusikan konsep induksi
Faraday dan arus bolak balik serta penerapannya.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru dan peserta didik dapat:
Ø Menyimpulkan hal – hal yang belum
diketahui.
Ø Menjelaskan hal – hal yang belum
diketahui.
H.
Kegiatan
penutup
1. Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
2. Guru memberikan tugas rumah
berupa latihan soal.
I.
Sumber
belajar
1. Buku SMA/MA.
2. Buku refrensi yang relefan.
J.
Penilaian
hasil belajar
1. Teknik penilaian :
Penugasan
2. Bentuk instrumen :
Urayan
Contoh soal
1.
Kawat
berbentuk u dengan hambatan R
= 10
dan kawat ab panjangnya =
10 cm yang dapat digerakan, diletakan dalam medan magnetik B = 0,1 T (arah B
masuk medan kertas). Bila kawat ab digerakan kekanan, timbul arus induksi
A dalam kawat ab
tentukan............


a.
Berapakah
besar kecepatan gerak kawat tersebut?
b.
Potensial manakah yang lebih tinggi(a atau b)!
Ende,....
April 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
NIP: NIM
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar