Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA ..............................
Kelas / Semester :
XII (Dua belas) / I (Satu)
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi: 1. Menerapkan
konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang
secara umum.
|
Gejala dan Ciri-ciri Gelombang
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
· Mendemonstrasikan gelombang transversal dan
longitudinal.
· Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik
gelombang mekanik dan elektromagnetik.
· Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan,
pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi)
melalui percobaan.
- Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan,
fase, dan energi) melalui diskusi kelas.
|
·
Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang
longitudinal.
·
Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik.
-
Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi,
interferensi,, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannnya dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
isian
Tes uraian
Tes PG
Tes uraian
|
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang
dinamakan ....
Apakah perbedaan antara gelombang mekanik dan
elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing.
Gelombang y1
dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m.
Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal
perambatan, maka posisi y2 jika interferensi
konstruktif adalah ....
A. 2 dan 1,8 m D. 2 dan 2,05 m
B. 2 dan 1,9 m E. 2 dan 2,15 m
C. 2 dan 1,75 m
Sebuah tali bermassa 100 g
digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3
dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar
5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.
|
8x40’
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 1-44, buku referensi yang relevan dan lingkungan
|
1.2
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.
|
Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang
bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler).
-
Mendiskusikan gejala dan ciri
gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan
kajian literatur.
·
Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya:
interferensi, difraksi, dan lain-lain)
|
· Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi
- Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
urain
Tes
isian
Tes PG
|
Sebuah kereta api sedang
bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut membunyikan
sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang didengar oleh anak
yang sedang duduk di stasiun?
Intensitas bunyi dapat
ditingkatkan dengan cara ....
Busa sabun tampak berwarna-warni bila terkena sinar
matahari merupakan
peristiwa ....
A. difraksi
D. polarisasi
B. dispersi
E. Interferensi
C. refraksi
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis)
h. 45-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang
bunyi dan cahaya dalam teknologi.
|
Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang Elektromagnetik
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya
dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber.
·
Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur
(misalnya pada NDT atau USG).
·
Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi
mesin fotokopi, CD, OHP dan scanner).
|
-
Menerapkan konsep dan prinsip
gelombang bunyi dalam teknologi.
- Menerapkan konsep dan
prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes
uraian
Tugas rumah
|
Warna biru di
langit terjadi karena cahaya matahari mengalami ....
A. difraksi D dispersi
B. refraksi E. polarisasi C. interferensi
Suatu bunyi ultrasonik dengan
frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut
bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju
20 cm/s.
· Berapakah frekuensi
ultrasonik yang diterima oleh darah?
· Berapakah frekuensi yang
diterima sumber?
Buatlah artikel
tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam
keseharian.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis)
h. 44-88, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian
masalah dan produk teknologi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan
listrik, fluks, potensial listrik, dan energi potensial listrik serta
penerapannya pada keping sejajar.
|
Hukum Coulomb, Hukum Gauss, Potensial Listrik,
dan Kapasitor
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Mengidentifikasi karakteristik
gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara klasikal.
-
Merumuskan gaya Coulomb, medan
listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan
listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas.
· Melakukan kajian literatur
tentang hubungan antara energi potensial listrik dengan medan listrik dan
potensial listrik.
-
Menghitung gaya Coulomb, medan
listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi
kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah.
|
-
Mendeskripsikan gaya
elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik.
2
Mengaplikasikan hukum Coulomb
dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinyu.
-
Memformulasikan energi
potensial listrik dan kaitannya dengan gaya , medan listrik, dan potensial
listrik.
·
Memformulasikan prinsip kerja
kapasitor keping sejajar.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes uraian
Tes isian
Tugas rumah
|
Jari-jari
lintasan elektron terdalam pada atom besi adalah 1,5x10-12 m.
besar gaya
Coulomb antara inti besi (q = 26e) dan elektron dilintasan
terdalam adalah ....
A. 4 x 10-14
N
D. 2,7 x 10-3
N
B. 6 x 10-8 N
E. 7 x 10-2 N
C. 1 x 10-4
N
Bola konduktor
yang berdiameter
d = 15 cm membawa muatan netto q =
6,4 μC yang tersebar merata di permukaan. Tentukan medan listrik pada jarak 5
cm dari pusat bola dan 17 cm dari permukaan bola.
Sebuah cincin
tipis berjari-jari
24 cm mengandung
muatan yang terdistribusi kontinyu sebesar
350 nC. Pada
jarak 28 cm tepat di depan sumbu cincin, terdapat muatan uji sebesar 85 nC.
Besarnya energi yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan uji ini sejauh 57 cm
dari posisi mula-mula
adalah ....
Buatlah artikel
tentang pemanfaatan kapasitor dalam peralatan elektronika.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3A (Esis)
h. 107-112, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.
|
2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya
magnetik pada beberapa produk teknologi.
|
Kemagnetan, Hukum Biot-Savart, dan Hukum Ampere
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik medan listrik
di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik.
-
Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai
keadaan (alat) dalam diskusi kelas.
-
Merancang dan membuat motor listrik sederhana secara berkelompok.
|
· Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus.
-
Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.
·
Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes
uraian
Tugas
rumah
|
Besarnya kuat medan magnet
yang dihasilkan pada jarak 1 cm oleh kawat lurus yang dialiri arus sebesar 12
A adalah ....
A. 2,4 x 10-4 T
D. 2,4 x 10-5 T
B. 1,8 x 10-4 T
E. 1,2 x 10-5 T
C. 1,4 x 10-4 T
Sebuah muatan
positif 0,2 C bergerak dengan laju 2 m/s dalam medan magnet yang besarnya 5
Wb/m2. Arah kecepatan itu sejajar dengan arah medan magnet.
Tentukan besarnya gaya yang dialami muatan tersebut.
Buatlah
artikel tentang aplikasi gaya Lorentz pada produk teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3A (Esis)
h.143-190, buku referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.
|
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan
arus bolak-balik serta penerapannya.
|
GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik
|
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Mendemonstrasikan karakteristik induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik.
·
Mendiskusikan formulasi induksi
Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukurannya.
·
Melakukan kajian literatur tentang arus induksi dan ggl induksi.
·
Menghitung ggl dan arus induksi
dalam berbagai keadaan serta parameter
arus bolak-balik dalam berbagai pemecahan masalah.
|
- Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.
· Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
- Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.
· Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik.
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
uraian
Uji
petik kerja produk
Tes
isian
Tes PG
|
Sebuah kumparan yang terdiri dari 100
lilitan mempunyai jari-jari 5 cm dan hambatan 25 Ω. Hitunglah laju perubahan
medan magnet agar menghasilkan arus sebesar 4 A.
Eksperimen membuat dinamo mini (Proyek Ilmiah h.197).
Kumparan kawat dengan jari-jari 5 cm diletakkan
tegak lurus pada suatu medan magnet yang fluksnya berubah dari 1,5 Wb/m2
menjadi 2,1 Wb/m2 dalam waktu ½ Π menit. GGL yang terjadi pada
kumparan adalah ....
Sebuah kumparan memiliki hambatan
R = 1 Ω dan induktansi L = 0,3 H.
Arus listrik dalam kumparan jika dihubungkan
dengan tegangan
20 volt DC adalah ....
A. 10 A D. 28,6 A
B. 15,4 A E. 30 A
C. 20 A
|
12x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3A (Esis)
h. 191-246, buku referensi yang
relevan, alat dan bahan praktikum
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Fisika
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar